Paket Umroh Murah Ala bekpeker 2019 – 2020

paket umroh murah tahun 2019, umroh hemat 2019

0
250

Anda ingin memangkas biaya untuk ibadah ke tanah suci? Yuk, terapkan lima tips umroh murah ala backpacker ini.
Tak perlu menunggu ibadah haji kalau ingin mengunjungi tanah suci. Anda bisa pergi ke sana kapan pun dengan melaksanakan umroh. Apalagi, sekarang banyak travel berizin yang menyediakan layanan umroh murah.
Selain menggunakan jasa travel, Anda juga bisa menunaikan umroh ala backpacker, lho. Pastinya, dengan cara ini, biaya umroh lebih murah ketimbang lewat agen. Penasaran? Simak tips-tipsnya berikut ini.
1. Menggunakan Visa Transit
Umumnya, visa umroh diurus oleh agen travel yang memiliki legalitas resmi Kemenag. Namun, mayoritas agen menyediakan visa dalam paket umroh. Ini berarti, tidak ada layanan khusus pembuatan visa saja.
Untuk menyiasati hal tersebut, bisa menggunakan jalur transit. Misalnya, Anda punya visa ziarah ke negara di sekitar Arab Saudi. Nah, sebelum ke negara tujuan, biasanya pesawat transit di Arab Saudi selama 2-3 hari. Saat itulah, Anda bisa mengunjungi Mekkah ataupun Madinah. Cara ini sah karena Kerajaan Arab Saudi memperbolehkan pemilik visa transit untuk masuk ke Masjidil Haram.
2. Pilih Waktu Keberangkatan Saat Low Season
Momen low season umroh di tanah suci berlangsung sekitar bulan Safar, Rabiul Awal, Rabiul Akhir, Jumadil Ula, Jumadil Tsaniah. Saat itu, harga tiket pesawat lebih murah ketimbang high season. Jadi, Anda bisa melaksanakan umroh hemat.
Dalam kalender nasional, waktu low season biasanya mulai bulan Februari sampai Maret. Sementara itu, momen high season berlangsung selama empat bulan dari Mei hingga Agustus.
3. Mengurus Paspor Tanpa Perantara
Tips selanjutnya; jika belum memiliki paspor, segera urus di kantor imigrasi. Hindari perantara atau calo agar biayanya lebih murah. Kemudian, pastikan nama Anda dalam paspor terdiri dari tiga kata.
Lalu, berapa sih, biaya yang dikeluarkan untuk membuat paspor? Untuk paspor baru, tarifnya sekitar Rp360.000. Proses pembuatan memakan waktu sekitar 1-4 hari. Lain halnya jika Anda menggunakan jasa perantara, biaya bisa membengkak hingga Rp1.000.000.
4. Perhatikan Faktor Cuaca
Cuaca di Arab Saudi tergolong ekstrem; suhu panasnya bisa mencapai 45°C. Sebaliknya, di malam hari, suhu menurun hingga -2°C. Karena itu, Anda harus pertimbangkan faktor cuaca saat memilih waktu umroh murah. Agar aman, keberangkatan bisa dilakukan pada bulan Februari sampai Mei.
5. Pilih Akomodasi dan Transportasi Murah Selama di Mekkah
Di sekitar Masjidil Haram dan Masjid Nabawi banyak apartemen murah yang bisa Anda sewa. Biaya per malamnya kurang lebih Rp125.000-250.000. Ada juga hotel bintang 3 dengan tarif 200-an Real atau sekitar Rp500-600 ribu.
Kalau ingin lebih hemat biaya, cobalah berbagi penginapan bersama backpacker lain. Gunakan satu apartemen atau hotel untuk 3-4 orang supaya Anda tidak mengeluarkan biaya penginapan lebih dari Rp100 ribu per malam.
Itulah lima tips umroh aman dan murah ala backpacker. Jika Anda tidak mau ribet, carilah agen travel umroh amanah yang menyediakan paket perjalanan ke negara sekitar Arab Saudi. Dengan begitu, visa transit masih bisa digunakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here